Tutorial Menggunakan Zoom Untuk Rapat Online

Iluatrasi rapat menggunakan aplikasi Zoom (Foto: Sumber Istimewa)

Mungkin kamu sudah mulai merasakan bahwa Work from Home alias WFH tak lagi menjadi kebiasaan, melainkan sudah menjadi budaya. Meski sekarang sudah diperbolehkan untuk bertatapmuka, masik banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem ini.

Untuk aplikasi yang masik banyak digunakan hingga saat ini adalah Zoom. Pasalnya aplikasi ini memudahkan siapa saja untuk mengatur dan melakukan pertemuan tatap muka virtual — tetapi jika Anda belum pernah menggunakan alat ini sebelumnya, mungkin akan sedikit kerepotan.

Untuk membantu Anda, berikut adalah panduan untuk menggunakan Rapat Zoom dengan cara yang benar.

A. Cara mengatur rapat Zoom

Berikut panduan langkah demi langkah untuk mengatur rapat Zoom dengan mudah:

1. Untuk desktop
A. Memulai rapat Zoom

Langkah 1: Masuk ke akun Zoom Anda.

blank

Langkah 2: Arahkan kursor Anda ke tautan “HOST A MEETING” di sudut kanan atas layar, dan pilih salah satu opsi berikut:

  • Dengan Video Aktif
  • Dengan Video Mati
  • Berbagi Layar Saja

Langkah 3: Situs web akan mengarahkan Anda ke aplikasi Zoom dan memulai rapat. Di sini, Anda dapat mengedit pengaturan rapat atau menyalin “URL Undangan” yang Anda kirim ke peserta.

blank

Catatan: Anda juga dapat memulai rapat dengan cepat melalui aplikasi desktop dengan mengikuti petunjuk yang kami cantumkan untuk perangkat seluler nanti.

B. Menambah peserta

Langkah 1: Mulai rapat baru di aplikasi desktop Zoom.

blank

Langkah 2: Di layar rapat baru, klik tombol “Undang” di bilah alat di bagian bawah.

blank
Langkah 3: Di sini, Zoom akan memberi Anda opsi untuk “Salin URL” atau “Salin Undangan”. Anda dapat mengirimkannya ke peserta melalui teks, email, atau pesan instan.

blank

Langkah 4: Anda juga dapat mengirim detail rapat melalui email melalui klien email pilihan Anda melalui aplikasi Zoom itu sendiri.

2. Untuk perangkat seluler

A. Memulai rapat Zoom

Langkah 1: Buka aplikasi seluler Zoom dan masuk ke akun Anda.

Langkah 2: Ketuk ikon oranye “Rapat Baru” yang muncul di layar Anda.

Langkah 3: Edit pengaturan rapat sesuai dengan preferensi Anda (seperti mematikan video untuk peserta, menggunakan ID Rapat Pribadi, dll.).

Setelah selesai, ketuk tombol biru “Mulai Rapat”.

B. Menambah peserta

Langkah 1: Setelah rapat dimulai, ketuk ikon “Peserta” di bilah alat di bagian bawah layar Anda untuk menambah dan mengelola peserta.

Langkah 2: Di jendela Peserta yang terbuka, ketuk opsi “Undang” di kiri bawah.

Zoom sekarang akan memberi Anda opsi untuk membagikan detail rapat Anda melalui berbagai platform komunikasi. Ini termasuk berbagai aplikasi teks, email, dan perpesanan di ponsel cerdas Anda.

EVENTALK.ID adalah event organizer yang fokus menyediakan jasa layanan online event organizer, online event management & consultation, sewa zoom meeting, sewa zoom webinar yang dapat digunakan baik itu sewa zoom perjam, sewa zoom harian, dan sewa zoom bulanan dengan zoom kapasitas large 100, 500, dan 1000 peserta/partisipan. Selain memberikan jasa sewa zoom, jasa webinar, jasa webinar zoom kami juga memberikan layanan zoominar asisten, uji coba untuk gladi, recording, support, polling, breakout, pembuatan form pendaftaran, pembuatan form presensi kehadiran, pembuatan form kuisioner, esertifikat online, video bumper, blast whatsapp, email massal, desain thumbnail dan poster, virtual background, overlay OBS, jasa konsultasi event, live streaming media sosial, video, dll.

EVENTALK.ID memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam menangani event secara online yang meliputi jasa event organizer, sewa zoom meeting harian, sewa akun zoom, sewa akun zoom 1000 peserta, jasa webinar, jasa webinar zoom, sewa zoom meeting 100 peserta, sewa zoom meeting 500 peserta, sewa zoom meeting 1000 peserta, sewa akun zoom 300 peserta, sewa akun zoom 500 peserta, sewa akun zoom harian, jasa sewa akun zoom, sewa akun zoom premium, sewa akun zoom pro, sewa zoom murah, sewa zoom profesional. sewa akun zoom webinar, sewa harian zoom, sewa link zoom, sewa link zoom harian, sewa room meeting zoom, sewa room zoom, sewa webinar, sewa webinar zoom, sewa zoom, sewa zoom 1 hari, sewa zoom 100 peserta, sewa zoom webinar 500 peserta, sewa zoom 1000, sewa zoom 1000 partisipan, sewa zoom 1000 peserta, sewa zoom 1000 peserta harian.

Selain melayani penyewaan zoom harian, EVENTALK.ID juga memiliki paketan perjam dan bulanan dengan kapasitas 100, 500, dan 1000 peserta. Tentunya banyak sekali event-event virtual yang berhasil EVENTALK.ID handle, seperti meeting online, seminar online, webinar, wisuda, kuliah, sekolah, proyek, pernikahan, reuni, lelang online, diskusi publik, online streaming, pengajian, peluncuran produk, kampanye online, dan sebagainya. Banyak sekali keuntungannya bukan?

Layanan sewa zoom harian EVENTALK.ID memiliki tenaga profesional dengan tim yang handal dan berpengalaman dalam acara virtual. Rasakan pengalaman mudah menggunakan zoom dan pastinya lebih murah daripada join zoom premium.

Jika Anda membutuhkan jasa event organizer profesional, silakan menghubungi kontak berikut https://eventalk.id/kontak/.

 

Penulis: Wahhab.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
blank

SEWA AKUN

KAHOOT HARIAN

Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Platform ini adalah permainan pembelajaran, “Kahoots”, adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.